GERGAJI GEREK

Yang dimaksud dengan gergaji gerek pada umumnya adalah untuk menggerek kayu yang berbentuk sisi lengkungan dan cekung atau dalam bentuk lingkaran, baik lingkaran dalam maupun lingkaran luar, tidak terbatas tipis dan tebalnya kayu yang dikerjakan, maupun jenis kayu papan atau jenis multiplek/triplek. Punggung daun gergaji gerek lebih tipis ketimbang gigi-giginya dalam bentuk tirus ke arah tebalnya.

Bentuk gigi gergaji gerek dikikir serong bergantian dalam keadaan bolak-balik.

(lebih…)

Continue Reading GERGAJI GEREK

GERGAJI TARIK DAN BENTANG

Di dalam praktek kerja kayu, gergaji tarik dan bentang (gergaji slentheng) yang oleh orang barat disebut bow saw atau frame saw adalah alat untuk memotong dan membelah kayu, terutama mengiris kayu dolog dan balok besar menjadi balok-balok atau papan-papan dalam ukuran yang dikehendaki.

Gergaji semacam ini terdiri dari sebilah daun gergaji yang terbuat dari baja (blade) yang satu sisi bagiannya bergigi tajam. Gigi-gigi gergaji tersebut ada dua macam yaitu gigi pemotong dan gigi pembelah.

Gergaji tarik banyak digunakan pada penebangan pohon, memotong batang kayu yang berukuran besar dan pemotongan dolok-dolok dan balok yang besar.

(lebih…)

Continue Reading GERGAJI TARIK DAN BENTANG

GERGAJI PUNGGUNG (BACK SAW)

Gergaji punggung atau back saw terbuat dari selembar baja yang sangat tipis dan pada bagian punggung atau atasnya diberi tulang penguat. Tulang penguat ini gunanya untuk supaya daun gergaji menjadi lebih kaku. Ukuran panjang daun gergaji punggung dibuat antara 10″ hingga 20″. Ukuran panjang yang satu dengan yang lainnya berturut-turut berbeda dengan selang 2″. Mislnya 10″, 12″, 14″ dn seterusnya.

Bentuk gigi gergaji punggung
(lebih…)

Continue Reading GERGAJI PUNGGUNG (BACK SAW)

Cara Menggunakan Gergaji Tangan

  1. Pada saat mendorong gergaji, gigi gergaji menyayat kayu harus dilakukan dengan tenang dan beraturan. Dalam hal ini, saat menariknya dapat dilakukan lebih cepat dan pada saat mendorong tekanlah sedikit pada kayunya.
  2. Sebelum mulai melaksanakan penggergajian lukislah garis batas dimana tempat gerigi gergaji akan memotong.
  3. Jepit kayu pekerjaan pada bangku kerja apabila menggergaji kayu-kayu yang berukuran kecil.
  4. Pada awal penggergajian, tempatkan daun gergaji di sisi kanan tepat letaknya pada tempat yang dimaksud. Kemudian daun gergaji membentuk sudut 45 derajat terhadap permukaan kayu pekerjaan.
  5. Tariklah daun gergaji ke belakang sehingga menggores kirakira sedalam 3 mm pada sisi muka kayu pekerjaan.
  6. potonglah kayu pekerjaan dengan mendorong dan menarik daun gergaji berulang kali.
  7. Perhatikan dan periksalah bahwa bidang daun gergaji harus selalu tegak pada permukaan kayu.
  8. Pada akhir pemotongan, peganglah ujung yang terpotong supaya kayunya jangan robek (pecah-pecah).
(lebih…)

Continue Reading Cara Menggunakan Gergaji Tangan

Jenis-jenis Gergaji

  1. Gergaji Tangan (Hand Saw)

Daun gergaji tangan dibuat dari semacam baja tipis berkualitas baik dan cukup kaku, mengingat gerak dorong dalam menggergaji dan disamping itu mempunyai daya pegas agar tidak dapat menjadi bengkok. Selain berkualitas baik dan memiliki kelenturan (daya pegas), daun gergaji tidak boleh terlalu tebal.

Panjang gergaji tangan yang ada di pasaran berkisar antara 10″ – 30″ atau 25cm-75cm. Untuk mengetahui kualitas gergaji tangan yang baikharus dipergunakan suara nyaring yang terjadi jika dipukul dengan sepotong besi sambil dipegang tangkai pemegangnya. Lalu untuk menguji gaya pegas pada daun gergaji, bisa dilakukan dengan memegang kedua ujungnya lalu dilengkungkan kirakira hingga 90 derajat lalu lepaskan, daun gergaji harus kembali dalam keadaan lurus.

(lebih…)

Continue Reading Jenis-jenis Gergaji

TEKNIK PENGERJAAN KAYU

Hal teori pertukangan terutama dalam mengolah kayu sungguh penting untuk diketahui oleh para calon tukang kayu atau saya sebut saja sebagai pemula di dunia kayu. Entah itu sebagai hobby maupun profesi, teori pertukangan ini harus dipahami terlebih dahulu.

(lebih…)

Continue Reading TEKNIK PENGERJAAN KAYU