GERGAJI PUNGGUNG (BACK SAW)

Gergaji punggung atau back saw terbuat dari selembar baja yang sangat tipis dan pada bagian punggung atau atasnya diberi tulang penguat. Tulang penguat ini gunanya untuk supaya daun gergaji menjadi lebih kaku. Ukuran panjang daun gergaji punggung dibuat antara 10″ hingga 20″. Ukuran panjang yang satu dengan yang lainnya berturut-turut berbeda dengan selang 2″. Mislnya 10″, 12″, 14″ dn seterusnya.

Bentuk gigi gergaji punggung

Gigi-gigi gergaji punggung sangat halus sekali sehingga memiliki gigi jumlah gigi antara 12 -14 tiap inchi. Perhatikan gambar di atas.

Gergaji punggung atau back saw seringkali digunakan pada pengerjaan kayu yang kecil-kecil dan halus-halus. sebagai contoh pada saat pembuatan purus membuat serongan 45o , membuat sambungan ekor burung (dovetail joint) dan lain sebagainya. Hal ini terutama pada pekerjaan-pekerjaan mebeler.

menggergaji bentuk serong dengan bantuan jig
Membentuk sambungan ekor burung

Cara Menggunakan Gergaji Punggung (Back Saw)

  1. Selalu menggunakan gergaji yang tajam
  2. tempatkan kayu obyek pekerjaan pada satu stel klos penggergaji
  3. tempatkan gergaji di salah satu sudut kayu obyek pekerjaan, dibantu dengan ibu jari tangan kiri. Ini berguna untuk agar letak gergaji tepat pada garis yang akan digergaji.

Menggunakan gergaji punggung dengan bantuan papan klos
Permulaan menggergaji mempergunakan gergaji punggung dengan membentuk sudut 25o – 30o terhadap bidang kayu

4. Kira-kira 3 tarikan gergaji membentuk sudut sekurang-kurangnya 25o turun berturut-turut hingga 0o terhadap bidang kayu pekerjaan.

Lakukan penggergajian selanjutnya dengan kedudukan gergaji mendatar (sejajar) dengan permukaan kayu pekerjaan hingga selesai.

Tinggalkan Balasan