Jenis-jenis Gergaji

  1. Gergaji Tangan (Hand Saw)

Daun gergaji tangan dibuat dari semacam baja tipis berkualitas baik dan cukup kaku, mengingat gerak dorong dalam menggergaji dan disamping itu mempunyai daya pegas agar tidak dapat menjadi bengkok. Selain berkualitas baik dan memiliki kelenturan (daya pegas), daun gergaji tidak boleh terlalu tebal.

Panjang gergaji tangan yang ada di pasaran berkisar antara 10″ – 30″ atau 25cm-75cm. Untuk mengetahui kualitas gergaji tangan yang baikharus dipergunakan suara nyaring yang terjadi jika dipukul dengan sepotong besi sambil dipegang tangkai pemegangnya. Lalu untuk menguji gaya pegas pada daun gergaji, bisa dilakukan dengan memegang kedua ujungnya lalu dilengkungkan kirakira hingga 90 derajat lalu lepaskan, daun gergaji harus kembali dalam keadaan lurus.

Ada 2 macam gergaji tangan, yaitu Gergaji Potong (Cross Cut) dan gergaji belah (Rip cut).

Gergaji potong digunakan untuk memotong kayu dengan cara arah menggergajinya tegak lurus terhadap arah urat kayu, sedangkan posisi gergaji membentuk sudut 45 derajat terhadap permukaan kayu.

Cara menggunakan gergaji potong (cross cut)

Sedangkan gergaji belah dipergunakan untuk membelah kayu dengan arah menggergaji searah dengan urat kayu. Dalam hal ini posisi gergaji membentuk sudut 60 derajat terhadap permukaan kayu.

Cara menggunakan gergaji belah (rip cut)

Dilihat dari kegunaannya, maka bentuk gigi antara gergaji potong dengan gergaji belah pun berbeda. Untuk gergaji potong giginya dikikir miring karena berguna untuk memotong (mengerat) urat-urat kayu dengan kemiringan kikir kira-kira 60 derajat hingga 80 derajat terhadap daun gergaji.

Bentuk bukaan gigi gergaji potong

Untuk gergaji belah (rip cut) gigi gergaji dikikir tegak, jadi posisi kikir membentuk sudut 90 derajat terhadap daun gergaji. Kikir yang digunakan adalah kikir halus berbentuk segitiga sama sisi.

Bentuk bukaan gigi gergaji belah

Untuk mencegah daun gergaji terjepit pada saat dipakai, maka ujung gigi gergaji sebaiknya sedikit dibuka / dibengkokkan ke kiri dan ke kanan (disiwar) selang 1 gigi. Pembengkokan ujung gerigi itu kira-kira 1/3 tinggi gigi gergaji. Terdapat alat khusus untuk membuka gigi gergaji tersebut yang bernama zettang. Namun sebenarnya bisa kita gunakan alat lain yang seadanya. Perhatikan gambar berikut!

Untuk menentukan halus dan kasarnya gigi gergaji dapat dilihat pada nomor gergaji yang terdapat pada tumit daun gergaji. Maksud nomor tersebut adalah menunjukkan jumlah gigi gergaji dalam setiap 1″ (1 inchi).

Banyaknya gigi gergaji tiap 1″

Demikian sedikit pengetahuan tentang gergaji tangan. Selanjutnya akan kita bahas tentang cara menggunakan gergaji tangan. Ikuti terus.

Tinggalkan Balasan