KeAPAHIan

Pendahuluan

Segala puji dan syukur hanya patut disanjungkan kehadhirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah membimbing kita semua dalam setiap langkah membangun semua cita dan cinta. Terkhusus cita-cita dalam membesarkan APAHI yang hingga kini masih kita jalani. Kecintaan kita atas kata pelestarian yang kemudian membawa kita pada satu ikatan yang bernama APAHI ini semoga tak akan pernah pudar. Berat memang, namun jika dipikul bersama-sama tentu akan terasa ringan.

Sebagai bahan pelengkap pengetahuan, kita berusaha untuk menyusun materi keAPAHIan agar lebih mudah dipahami oleh semua anggota baik yang sudah lama bergabung maupun yang masih baru. Selain itu, materi ini semoga juga bermanfaat bagi masyarakat umum dan semua pihak yang berkepentigan untuk mengetahui lebih jauh tentang siapa, apa dan bagaimana APAHI.

Beberapa hal yang akan kita bahas dalam materi keAPAHIan ini antara lain tentang sejarah APAHI, visi/misi APAHI, Program kerja APAHI, capaian kerja APAHI, AD/ART APAHI, Regional APAHI dan beberapa pendukung lain yang dianggap perlu. Kedepan, materi ini akan terus berkembang dan direvisi sesuai perkembangan jaman. Karenanya, kita sangat butuh masukan dari para pembaca sekalian demi perbaikan materi ini.

Demikian, terima kasih.

A. Sejarah APAHI

APAHI (Asosiasi Pelestari Ayam Hutan Indonesia) adalah organisasi legal yang keberadaannya telah diakui pemerintah melalui SK Menkumham nomor AHU-0077985-.AH.01.07.TAHUN 2016 tentang PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM PERKUMPULAN PELESTARI AYAM HUTAN INDONESIA (bukti terlampir) dalam bentuk perkumpulan. APAHI hadir sebagai wujud kepedulian untuk menjaga Ayam Hutan agar tetap ada di Bumi Nusantara. Sebab habitat Ayam Hutan yang semakin hari semakin sempit, serta makin maraknya perburuan dan penangkapan oleh banyak orang sangat mengancam kepunahan populasinya.

Hadir sejak tahun 2009, APAHI senantiasa memberikan edukasi kepada para penggemar Ayam Hutan serta masyarakat di sekitar habitat yang masih dihuni Ayam Hutan. Tentu, semua itu dalam kapasitas yang terbatas sebab terkendala waktu, tenaga dan biaya.

APAHI pada awalnya bernama PAHI (Pelestarian Ayam Hutan Indonesia).     Rencana untuk melegalkan komunitas sudah digagas sejak 2009, namun baru bisa kopdar (musyawarah bersama) pada awal tahun 2013. Atas saran dan masukan dari banyak anggota, nama PAHI akhirnya berganti menjadi APAHI. Berbagai upaya terus dilakukan, dan pada tanggal 11 bulan November tahun 2016, APAHI sudah berhasil mendapatkan SK Menkumham dengan nomor: AHU-0077985-.AH.01.07.TAHUN 2016 tentang PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM PERKUMPULAN PELESTARI AYAM HUTAN INDONESIA. Satu hal yang sungguh patut kami syukuri.

Tinggalkan Balasan