Posted on 1 Comment

PENYAKIT AYAM HUTAN

Salah satu resiko memelihara makhluk bernyawa adalah serangan penyakit terhadap satwa yang kita piara. Misal Anda memelihara kambing, kucing, sapi, kuda juga berbagai macam jenis unggas termasuk ayam hutan. Penyakit yang menyerang berbagai satwa itu berbeda-beda jenis dan gejalanya. Karenanya dibutuhkan sedikit pengetahuan dasar tentang berbagai macam penyakit yang menyerang hewan peliharaan kita dari mulai gejala, jenis penyakit serta penanganan dan obat yang harus diberikan. Nah, dalam hal memelihara ayam huta, seringkali serangan penyakit ini mengantar hewan kesayangan kita pada kematian. Lalu bagaimana untuk mengatasi tingkat mortalitas itu agar tidak terlalu sering terajdi? Berikut sedikit penjelasan dari saya.

penyakit tedun rambat

Memelihara Ayam Hutan, salah satu ilu yang mesti kita ketahui sebelumnya adalah tentang gejala klinis serta penanganan disaat ayam mengalami gangguan kesehatan. Pada dasarnya penyakit ayam itu hanya bisa dikelompokkan menjadi penyakit pernafasan, pencernaan dan penyakit kulit/tubuh bagian luar. Masing -masing jenis penyakit itu ada gejala klinis yang jika kita amati dengan sungguh-sungguh akan nampak ketika gejala penyakit mulai menyerang ayam piaraan kita. Misal ayam tampak lesu, nafsu makan kurang, wajah pucat, jengger layu dan-lain-lain. Jika kita melihat semua gejala itu, segera lakukan tindakan pencegahan agar penyakit tidak semakin parah. Jangan lupa, penyakit ayam juga bisa dideteksi ari warna kotoran yang dikeluarkan.

Nah, apa saja jenis penyakit ayam hutan dan bagaimana cara pengobatannya? Pertama perlu dipahami bahwa penyakit yang menyerang ayam hutan itu berbeda pada tiap tingkatan umur. Karenanya ini perlu dipahami terlebih dahulu agar kita bisa mengantisipasi dan menyiapkan obat yang diperlukan.

1 thought on “PENYAKIT AYAM HUTAN

  1. Hi, I want to subscribe for this blog to take most up-to-date updates, thus where can i do it please help out. Cherilynn Urbano Standice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *