TEKNIK PENGERJAAN KAYU

Hal teori pertukangan terutama dalam mengolah kayu sungguh penting untuk diketahui oleh para calon tukang kayu atau saya sebut saja sebagai pemula di dunia kayu. Entah itu sebagai hobby maupun profesi, teori pertukangan ini harus dipahami terlebih dahulu.

di jaman sekarang ini telah tersedia banyak sekali alat-alat modern (power tolls) yang akan memudahkan dan meringankan kerja tukang kayu. Namun dengan harga yang lumayan tinggi, tidak semua calon tukang kayu mampu untuk segera memilikinya. Maka alat-alat tangan (hand Tolls) bisa jadi solusi atas permasalahan itu. Sebab selain murah, alat-alat tangan bisa dibuat sendiri (hand made). Dan tentunya, sebagai tukang kayu ilmu membuat alat ini juga mesti dikuasai. Selain membuat, merawat alat-alat tangan pun mesti dipelajari dan dipahami.

Pada tulisan ini saya akan mengurai satu persatu alat-alat tangan (hand tolls) dan cara menggunakannya. Ada beberapa tolls dasar yang musti dimiliki oleh seorang tukang kayu. Berikut saya jabarkan satu persatu.

  1. GERGAJI
  2. KETAM (Pasah)
  3. PAHAT (Tatah)
  4. PENGGEREK(Bor)
  1. Gergaji

Di dalam pekerjaan-pekerjaan menukang kayu, gergaji adalah termasuk salah satu perkakas yang sangat penting sebagai alat potong dan belah untuk membagi-bagi kayu dalam beberapa bentuk yang dikehendaki. Gergaji terkadang juga digunakan orang sejak dari penebangan pohon hingga dijadikan bahan ramuan bahkan sampai pada bagian-bagian terkecilnya.

Gergaji terbuat dari sebilah baja tipis yang salah satu tepinya dibuat bergerigi dan tajam serta diberi tangkai pemegang yang umumnya terbuat dari kayu. ditinjau dari penggunaannya , gergaji dibuat dalam dua bentuk yaitu gergaji potong (cross cut) dan gergaji belah (rip cut).

Perbedaan antara keduanya (gergaji potong dan gergaji belah) adalah terdapat pada bentuk gigi gergaji dan cara mengikirnya. Berikut gambar bentuk mata gergaji yang dimaksud. Perhatikan arah giginya. Di kedepan nati akan saya bahas lebih jauh.

Gambar mata gergaji potong.

Gambar mata gergaji belah

Tinggalkan Balasan